9 Cara Membaca Emosi dan Mempengaruhi Pikiran Orang Lain

9 Cara Membaca Emosi dan Mempengaruhi Pikiran Orang Lain

9 Cara Membaca Emosi dan Mempengaruhi Pikiran Orang Lain LONDON, (PRLM).- BBC Future mengkaji sejumlah trik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mempengaruhi teman-teman dan kolega Anda tanpa mereka sadari.


Perilaku manusia ditentukan oleh takhayul, pengulangan dan sesuatu yang sangat klise, yang membuat kita dengan mudah menjadi target tipuan (jebakan) pikiran. Jika Anda mengetahui rahasianya, Anda dapat memanfaatkannya untuk mempengaruhi orang lain.
Sebagai contoh, cara terbaik untuk mendeteksi seorang pembohong adalah menjebak mereka untuk memberikan banyak informasi, dibandingkan memperhatikan bahasa tubuh mereka.

Ada cara lain untuk mempengaruhi orang. Ini adalah beberapa fakta yang mengejutkan mengenai bagaimana membaca perilaku manusia dan mempengaruhi keputusan seorang, diambil dari arsip BBC Future dan sumber lainnya:

1. Menepuk pundak seorang secara perlahan dan melihat matanya, artinya orang tersebut akan lebih terbuka untuk menerima saran. Anda bisa baca artikel lengkapnya di “The hidden tricks of powerful persuasion”.

2. Bola mata yang membesar berkaitan dengan tingkat ketidakpastian dalam pembuatan keputusan: jika seorang kurang yakin dengan keputusannya, maka emosinya akan meningkat, yang menyebabkan bola mata membesar. Anda bisa baca artikel lengkapnya: “ How the eyes betray your thoughts”.

3. Sebuah trik yang digunakan oleh pencopet yang menargetkan orang mabuk adalah bergerak secara perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya sambil berbicara dengannya. Orang mabuk berpikir bahwa dia sedang bergoyang dan akan berupaya mengimbanginya, tapi dia akan menjadi tidak seimbang dan jatuh. Pencopet akan pura-pura membantu untuk mengambil barangnya, tapi sesungguhnya itu adalah saat di mana pencopet beraksi. Anda bisa membaca artikel lengkapnya di : “How pickpockets trick your mind”.

4. Orang dengan tingkat testeron yang lebih tinggi cenderung memiliki wajah yang lebih lebar dengan tulang pipi yang besar, dan mereka juga cenderung memiliki kepribadian yang lebih asertif dan kadang agresif. Anda bisa baca artikel lengkapnya: “What the face betrays about you”.

5. Warna merah kerap dikaitkan dengan sifat dominan dan agresif. Sebagai contoh, petinju yang menggunakan perlengkapan berwarna merah sekitar 5% kemungkinan akan menang melawan lawannya yang menggunakan warna biru. Anda bisa baca artikel lengkapnya: “How the colour red warps our mind”.

6. Dalam permainan batu, kertas, gunting, laki-laki kemungkinan besar akan memilih yang lebih "macho" seperti batu - sementara gunting kurang populer baik untuk laki-laki maupun perempuan. Untuk alasan ini, pilihan teraman Anda adalah kertas - Anda akan menang atau seri. Tipuan lainnya adalah dengan mengatakan pilihan Anda dengan suara keras; sehingga saingan Anda akan berpikir Anda menggertak dan lawan Anda akan mengambil pilihan yang kurang bijak. Anda bisa baca artikel lengkapnya: “How to win at almost anything”.

7. Para penjual memiliki kemampuan untuk mengontrol atau mempengaruhi pikiran orang lain. Sebuah tipuan klasik yang digunakan di ruang pamer adalah untuk menaikan harga satu produk diantara produk lain yang serupa. Sebagai contoh, jika empat mesin pembuat kopi espresso yang serupa ketika berada di sebuah rak yang berdampingan satu sama lain, tetapi tiga seharga $200 dan satu mesin $400, satu harga yang dinaikkan membuat tiga mesin lainnya tampak lebih murah. Kenyataannya adalah, ini menunjukkan seberapa kecil kita mengetahui berapa seharusnya harga mesin pembuat kopi. Anda bisa baca artikel lengkapnya: “The subtle science of selling”.

8. Tertawa merupakan sebuah "emosi sosial" yang menyatukan orang dan membantu kita memiliki sebuah ikatan, terlepas apakah itu merupakan sesuatu yang lucu atau tidak. Ketika Anda tertawa dengan orang, Anda menunjukkan kepada orang tersebut bahwa Anda menyukainya, Anda setuju dengannya, atau Anda berada dalam satu kelompok dengannya. Penelitian menemukan bahwa nanti orang tersebut lebih mudah untuk mengungkap rahasianya. Jadi jika Anda ingin mempengaruhi seorang dan membuatnya mengatakan kepada Anda apa yang dia pikirkan, tertawa pada leluconnya yang buruk merupakan cara yang pasti tepat untuk dilakukan. Anda bisa baca artikel lengkapnya: “ Why do we laugh inappropriately?”.

9. Persepsi daya tarik suara seorang perempuan bervariasi selama siklus menstruasi wanita. Suara mereka mencapai daya tarik tertinggi ketika peluang pembuahan meningkat. Ini menunjukkan bagaimana sisi biologis kita muncul dalam tingkah laku yang berbeda-beda.(bbc/A-1

Anda yang sedang mencari referensi bagaimana mempengaruhi pikiran orang lain, mudah mudahan penjelasan diatas bisa membantu,semoga bermanfaat



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
cara mempengaruhi orang lain,Mempengaruhi Pikiran