Mindset Persuasi Untuk Mempengaruhi Orang Lain

 Persuasi Mempengaruhi Orang Lain

Tidak perduli jika saat ini anda bertujuan mempelajari persuasi untuk mempengaruhi anak, atasan,klien,murid ataupun lawan jenis.Pola memahami persuasi yang elegan dan berpengaruh tetap sama,ini sudah saya buktikan dengan mengamati orang yang sudah expert dibidangnya masing masing,filosofi hidup mereka,latihan,spirit dan masih banyak lagi, tentu anda anda setuju,jika ternyata semua itu bermuara pada satu tujuan yaitu persuasi adalah “bagaimana cara mempengaruhi orang lain”.

Sesungguhnya,petualangan mencari ilmu persuasi sudah sangat lama terjadi,realita tentang persuasi semakin menguat manakala melihat teman saya bisa begitu santai bercakap cakap dengan wanita yang selama ini menjadi pusat perhatian kami pada masa itu dan pencarian pun dimulai..

Saya menyadari,ilmu politik tidak terpisahkan dengan yang namanya persuasi.
Tidak hanya dunia politik,dunia marketing juga lebih gila lagi menggunakan teknik persuasi terstrategi anda bisa lihat para sales handal dan sudah merambah kedunia digital marketing,perhatikan cara bicara mereka dan pola tulisan mereka (copy writing),banyak pola komunikasi elegan yang mereka sampaikan.

Coba amati orang orang yang berpengaruh dan selalu membawa hal positif ke orang banyak,sebelum mereka mulai berbicara,pidato ataupun bernegosiasi tiga aspek krusial ini sudah mereka miliki seutuhnya yaitu 
Kejujuran,ketenangan dan kepercayaan diri yang sangat dalaaaaaam.

Tentu saja Keahlian ini akan butuh banyak sekali waktu,usaha dan kesabaran,intinya bersahabatlah dengan waktu,Lalu ambil keputusan untuk merubah cara cara yang selama ini terbukti salah!

Sebelumnya saya sudah menyinggung tentang kejujuran,lalu apa hubungannya dengan persuasi?

Bayangkan anda sekarang menawarkan suatu produk ataupun sedang diwawancarai, beberapa pertanyaan ataupun pernyataaan terkadang anda susupkan kebohongan dan manipulasi,lalu sepertinya anda berhasil mencapai tujuan anda (seoalah olah demikianlah tampaknya), namun sejarah sudah banyak mengabadikan begitu banyaknya kegagalan (baca:Kerusakan) saat mereka membuang aspek kejujuran.

Hitler adalah salah satu contoh tokoh yang hampir menaklukkan dunia namun harus tenggelam,dan tentu sudah banyak yang mengakui bagaimana kehebatan tokoh yang satu ini dalam berorasi dan bernegosiasi.

Filosofi tentang kejujuran adalah harga mati yang harus ditanamkan,bahkan jauh sebelum kita “membuka mulut”. Ya benar.. usahakan jangan berbohong,saya memahami,terkadang kita tergoda untuk terlalu melebih lebihkan suatu hal dan menutupi agar orang percaya atau mau membeli,namun setelah mereka tahu anda hanyalah pembual,maka nasib produk atau kredibilitas anda tinggal menunggu waktu berserakan dipinggir jalan,secanggih apapun alibi dan ilmu persuasi yang anda miliki.

Dari penelitian dan hasil survei yang dilakukan oleh thomas. Stanley, Ph.D dalam buku the millionaire Mind,dari 30 hal penentu kesuksesan dalam bidang apapun,kejujuran menjadi peringkat teratas ,disusul point kedua yaitu Disiplin,Aktif bersosialisasi,pasangan yang mendukung(sahabat,suami atau istri) dan beberapa hal lainnya lagi.

Point kejujuran sedikit panjang saya bahas karena ini sering diabaikan meski sering diwacanakan,begitupun saya tetap percaya,sebenarnya didunia ini banyak orang orang yang jujur,belajarlah dari mereka.Namun jika saat ini belum ada satupun yang anda temukan,jadilah yang satu itu.

Aspek terpenting berikutnya untuk menguasai penuh ilmu persuasi adalah Percaya diri


Percaya diri. “starting with the man in the mirror ~Michael jackson”
Bagaimana membangun kepercayaan diri? Jika anda setuju dengan istilah kata membangun,tentu saja ada alat atau bahan yang diperlukan agar bangunan itu berdiri dengan baik,untuk mempermudah kita akan pecah menjadi dua bagian yang tidak terpisahkan PD internal (inner game) dan PD eksternal (outer game).

PD Internal
Mulai saat ini ganti semua program yang menghambat,perasaan tidak berharga,berdamai dengan kegagalan,takut ditolak, mengamati pergerakan fikiran jika mengarah yang negatif kemudian segera menggantinya dengan Self talk positif,Mind set positif harus tetap selaras dengan tujuan yang ingin dicapai,banyak cara untuk menginstal program internal ini masuk kefikiran agar bisa dapat langsung diaplikasikan,sejauh yang saya tahu NLP dan Hypnotherapi sangat membantu.

PD Eksternal
Menempatkan diri pada lingkungan yang positif,pernahkah anda berkumpul dengan orang orang yang selalu mengeluh tentang sialnya hidup mereka,sesekali mungkin itu biasa,tapi jika topik itu menjadi spesial dibicarakan hampir setiap saat,apakah anda betah berlama lama dilingkaran seperti itu? .

Memperhatikan kebersihan tubuh,jika anda selama ini jarang mandi,sebaiknya anda mulai serius menghentikan kebiasaan buruk ini,karena kebersihan juga sebahagian dari kepercayaan diri.

Pakaian,selalu perhatikan apa yang anda kenakan,baik dalam bernegosiasi maupun persentasi,sesekali anda boleh memakai pakaian yang berkualitas tinggi,dan rasakan suasana hati ,saya jamin kepercayaan diri meningkat ketika mengenakannya,berikan hal terbaik seratus persen pada tubuh anda,walaupun enggak mesti mahal tapi mengenakan pakaian yang mahal sah sah saja anda kenakan :)

Berolahraga,ini tidak kalah pentingnya dengan hal yang diatas,fitnes,joging,besepeda,senam,yoga..tentukan olahraga yang anda rasa nyaman,buat jadwal khusus untuk dilakukan,minimal olahraga 3 kali seminggu.

Self reward,memperluas pengetahuan,mempertajam skill (mempelajari bahasa asing,marketing online dll ) dan banyak lagi,karena keterbatasan ruang,point percaya diri akan saya bahas secara mendalam pada tulisan berikutnya.

Begitulah,rahasia memahami persuasi sekilas memang sesederhana itu,kejujuran,Percaya Diri,Latihan latihan dan latihan.
tapi tidak sesederhana saat anda mempraktekkannya,kekonsistenan tinggi sangat dibutuhkan dalam hal ini


Semoga kita berjumpa pada tulisan lain berikutnya..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
cara mempengaruhi orang lain,Mempengaruhi Pikiran